Sawarna Beach – Bayah


Lokasi

Bagi sebagian orang, mungkin belum mengetahui tentang pantai sawarna atau sawarna beach ini. Sawarna beach memang baru terkenal belum terlalu lama. Pantai sawarna sendiri berada di arah satu jalur dengan arah pantai pulau manuk yang dulu saya ceritakan. Jadi, pantai sawarna (sawarna beach) juga berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

Akses

Jika teman-teman travelers datang dari arah Jakarta jalan-jalan monas, maka jalur yang dilalui akan melewati pantai pulau manuk terlebih dahulu. Barulah jika diteruskan ke arah timur lagi akan sampailah di pantai sawarna. Akan tetapi, jika teman-teman travelers datang dari arah pelabuan ratu maka ada jalan yang langsung menuju pantai sawarna. Namun, memang akses jalannya kurang bagus, jadi kebanyakan pelancong justru memilih menuju bayah terlebih dulu, baru kemudian berbalik arah menuju pulau manuk dan kemudian pantai sawarna.

Sepanjang jalan menuju lokasi Pantai Sawarna (Sawarna Beach) merupakan hutan yang masih alami, sehingga selama perjalanan akan disuguhi berbagai macam jenis pohon yang lebat. Hal ini membuat perjalanan menjadi lebih sejuk, walaupun sebenarnya berada di daerah pesisir. Kondisi jalan yang berliku dan kontur naik turun mengharuskan pengemudi baik mobil maupun motor lebih berhati-hati. Apalagi jalannya terbilang sempit dan terkadang ada lubang yang dapat menjadi pemnghambat.

Oh ya..setelah sampai di persimpangan menuju lokasi maka teman-teman travelers akan melewati sebuah jembatan gantung. Yup..jadi mobil tidak bisa masuk ke area pantai, tapi tenang warga sekitar dan pengelola menyediakan areal parkir mobil maupun motor. Sebenarnya motor bisa saja melwati jembatan gantung dan langsung menuju lokasi pantai. Seperti aku waktu itu tetap mengendari motor melewati jembatan gantung hingga menuju pantai, hehe.. Memang bagi yang belum terbiasa melweati jembatan gantung dengan motor akan sulit, lantaran ketika motor masuk maka si jembatan gantung ini juga akan ikut bergoyang. Jadi, bagi yang belum terbiasa atau kurang berpengalaman maka sebaiknya masuk ke areal pantai dengan berjalan kaki saja.

Setelah melewati jembatan gantung, maka ada pos tiket di mana pengunjung dikenakan biaya Rp 5.000,00 sebagai tiket masuk. Walaupun jika pakai motor, mungkin tak akan dipermasalahkan karena dianggap penduduk lokal. Asal jangan terlalu mencolok saja, hehe..

Keadaan

Pantai sawarna memiliki garis pantai yang panjang dengan berbagai macam bentuk pantai. Karakteristik pantai sawarna yaitu, ada pantai dengan pasir putih landai dengan ombak khas pantai selatan jawa yang besar, ada juga pantai dengan batu karang yang indah dan deburan ombak besar. Kemudian jika perjalanan diteruskan ke arah timur maka akan sampai di pantai tanjung layar. Sebenarnya lebih tepat jika dikatakan tanjung layar saja, karena memang pantainya hampir tidak ada.

Di sebelah barat pantai sawarna terdapat sebuah muara sungai. Kemudian pantai barat ini dibatasi oleh tebing batu yang curam. Biasanya di sini merupakan tempat yang pas bagi para pecinta olah raga panjat tebing. Banyak kelompok pecinta alam yang datang ke sini untuk mencoba menaklukan tebing pantai sawarna. Selain itu, di areal ini juga banyak terdapat goa dan mata air. Ada sebuah goa yang juga merupakan jalan tempat ke luar mata air pegunungan. Di sini teman-teman traveler bisa menyusuri gua-gua dengan stalakmit dan stakaltit yang indah. Selain itu menyusuri goa dengan aliran air layaknya sungai yang menjadi alas goa. Tapi ingat, sebaiknya jika berminat mengeksplor gua-gua ini gunakanlah jasa tour guide untuk memberikan panduan dan jangan melakukannya sendiri.


Pantai pasir putih sawarna biasanya digunakan sebagai tempat bermain air dan juga olah raga selancar (surfing) terutama bagi turis manca negara. Ini merupakan tempat yang cocok bagi mereka karena memang ombak di sini sangat menantang.


Pantai sawarna juga memiliki pantai berbatu karang yang indah. Biasanya di sini merupakan spot bagi para masyarakat sekitar, atau siapa saja yang memiliki hobi memancing. Akan tetapi, siapa pun harus berhati-hati ketika menempati karang, terutama yang berada dekat dengan deburan ombak, karena memang ombak di sini terbilang besar.

Kemudian, di paling timur ada tanjung layar. Di sini terdapat dua batu karang alami yang sangat besar. Ke dua batu karang ini seakan menjadi icon pantai tanjung layar. Di sini memang sebenarnya bukan pantai sepeprti biasanya karena tak ada pasir putih, tak ada gelombang ombak yang sampai ke daratan. Ombak ini tertahan oleh karang yang seakan melindungi daratannya dari terjangan ombak yang besar. Deburan ombak yang mecoba menerobos kokohnya batu karang menjadi pemandangan indah tersendiri.

Fasilitas

Sekarng ini di pantai sawarna telah bermunculan penginapan yang dapat disewa oleh para pelancong yang berniat untuk bermalam atau menghabiskan waktu liburannya lebih lama di sawarna beach. Penginapan ini bervariasi, dari mulai hanya sebuah kamar di rumah warga sekitar hingga rumah yang disewakan full. Penginapan ini biasanya dikelola oleh warga sekitar dan menjadi penghasilan tambahan bagi mereka.


Untuk makanan, biasanya disediakan juga oleh penduduk sekitar. Rata-rata masakannya merupakan olahan laut dan sayuran yang memang dipetik sendiri dari kebun warga. Oh ya, di sini juga ada yang menjual minuman khas yang dibuat oleh warga sawarna, sayang namanya aku lupaaa.. yang jelas kabarnya sih pembuatannya dengan cara fermentasi, sehingga mungkin mengandung alkohol dalam kadar tertentu seperti layaknya tape.


.comment-content a {display: none;}