Cosyan (Coass Syantai) - Made In Indonesia

Bagaimana dengan judul tersebut? Memang yang namanya ‘Made’ itu ada di Indonesia, hehe.. Kali ini bukan karena di Bali atau orang Bali banyak yang namanya Made lho ya..ini maksudnya produksi, :p
Ketika saya dan teman-teman coass saya sedang stase IKM di Magelang, juga teman kelompok coass yang lain, kami menyempatkan jalan-jalan ke Kota Gudeg, Yogyakarta. Waktu itu kami sekalian cari kenang-kenangan untuk Pak RT (Rukun Tetangga), yang telah meminjamkan rumahnya untuk menjadi base camp kami ketika mengadakan kegiatan di desanya. Sempat bingung menentukan kenang-kenangan apa yang pas untuk beliau, akhirnya kami semua memutuskan mencarinya di Malioboro.
Di sini saya melihat berbagai kerajinan yang menarik, barang-barang hasil tangan-tangan trampil nan luar biasa dan inspirasi pemberian Alloh SWT yang digabungkan menjadi barang yang bernilai tinggi. Oke, singkat aja ya..langsung lihat foto-fotonya aja, ini hanya sebagian kecil yang menarik menurut saya. Makannya saya foto, siapa tahu ada yang tertarik atau telah lama mencari barang unik seperti ini, silakan datang ke Malioboro saja,..:D
Paling menarik, di sini juga ada ‘wayang golek’, saya tentu sangat familiar dengan kerajinan ini karena sebenarnya kerajinan wayang golek itu berasal dari daerah saya, Jawa Barat. Tapi ko bisa juga ada di Yogyakarta ya..rupanya, setelah saya lihat labelnya, memang wayang golek ini didatangkan dari Jawa Barat. Mungkin untuk mengembangkan usahanya, sang produsen mendistribusikannya ke Yogyakarta, karena seperti kita tahu, kota ini ramai dikunjungi oleh turis domestik maupun turis mancanegara dari berbagai tempat.
Ada juga kelapa yang dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk kepala monyet, lucu..ko ya kepikiran dibuat seperti itu, keren! Serta ada pernak pernik bertuliskan hal-hal unik khas pengrajin Yogyakarta yang lucu bahkan terkadang sarat akan makna.
Barang lain, ada miniatur sepeda kumbang, sepeda yang sering digunakan oleh orang jawa dalam transportasi sejak zaman dulu kala. Saya jadi teringat tentang cara orang jawa menaiki sepeda kumbang ini, khas sekali..sampai-sampai di tempat saya (tanah priangan) sering disebut naik sepeda ‘ala jawa’. Tahu kan caranya? Kalau tidak tahu tanya teman yang berasal dari jawa, hehe..


Ada juga ‘coklat monggo’, coklat produksi asli yogyakarta, coklat ini semakin khas produksi indonesia dengan balutan cover wayang kulit, seperti kita tahu wayang kulit adalah kerajinan yang berasal dari daerah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Jadi kalau di tempat saya ada wayang golek, maka di jawa ada wayang kulit. Kalau wayang golek itu dibuat dari kayu (sehingga tampak 3 dimensi), sedangkan wayang kulit dibuat dari kulit binatang sehingga tampak dua dimensi. Selain itu cover yang lain ada gambar ‘becak’, yang merupakan transportasi tradisional di jawa, atau secara umum di pulau jawa.

Dan..semua barang-barang ini bercap ‘Made In Indonesia’, tentu bangga dong..:D
Alloh SWT memberikan akal bagi manusia, itulah yang membedakan kita dari makhluk Alloh yang lain. Maka pergunakanlah akal kita dengan baik..
By Laki-laki sederhana dengan amalan sederhananya


Previous Post Next Post