Asuransi

Setelah dipikir-pikir, kayanya sekarang aku perlu yang namanya asuransi. Terutama asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan penting buat profesiku, lantaran profesi ini juga rawan untuk sakit. Kalau pepatah bilang, “Kalau kamu main dengan tukang minyak wangi pasti akan ikutan wangi”.
Begitu juga dengan profesiku sekarang. Lingkungan tempatku bekerja sudah barang tentu memiliki risiko besar. So..sudah saatnya..hehe

Untuk itu aku coba cari info tentang asuransi di Indonesia. Memang sekarang ini ada yang namanya BPJS, program pemerintah itu, tapi rasanya sebagai orang yang secara langsung juga bersentuhan dengan program ini kayanya program ini masih jauh dari harapan. Fasilitas minim dan pelayanan yang amburadul dan yang tak kalah mengecewakan pembayarannya pada tenaga kesehatan yang minim dilengkapi pula dengan pembayarannya yang ‘diutang’ mulu. Aneh juga sih, mengingat di UUD negara ini dikemukakan tentang kesejahteraan termasuk kesehatan rakyatnya harusnya menjadi tanggung jawab pemerintah malah ‘seolah-olah’ dilempar kembali kepada rakayatnya yang diwajibkan untuk membayar premi seumur hidup, udah gitu ga bisa diambil lagi. Mirip yang dialami bapak yang seorang PNS, di mana semenjak beliau diangkat gajinya dipotong terus untuk bayar premi, lalu ke mana uang itu pergi??entahlah..hehe..Mungkin untuk asuransi utama aku bakal lebih milih asuransi swasta. Lebih jelas di kemanakan uang kita, kita juga bisa mengambilnya jika memang asuransi tak digunakan. Ups..tapi yang jelas semoga sistemnya bisa lebih baik aja.

Pentingnya Asuransi

Asuransi adalah investasi, investasi kita berupa premi yang dibayarkan tiap bulan dengan periode waktu tertentu sesuai kesepakatan. Biasanya kita dapat menentukan besaran premi dengan segala fasilitasnya dan periode pembayarannya. Dana yang dibayarkan berupa premi nantinya akan dikembalikan oleh perusahaan asuransi sesuai kesepakatan ketika di awal yang menawarkan pengembalian dana ketika waktu tertentu. Misal asuransi kesehatan ketika sakit, asuransi pendidikan ketika anak akan masuk jenjang sekolah tertentu sesuai kesepakatan.

Kelebihan Asuransi

Kelebihan asuransi dibanding dengan menabung di Bank antara lain jika saat asuransi berjalan terjadi sesuatu yang membuat kita tak bisa lagi membayar asuransi lantaran terkena musibah atau tak bisa bekerja atau meninggal dunia. Dalam hal demikian, perusahaan asuransi tetap memberikan dana tersebut ketiak jatuh tempo. Uang kita ga hilang dan masih mendapat jaminan dana sampai waktu yang disepakati.
Oke, kayanya cukup untuk intro tentang asuransi, informasi lain nanti dilanjut lagi..hehe..



.comment-content a {display: none;}