Home » , , , , , » 8 Tutorial SEO Untuk Meningkatkan Traffic Website

8 Tutorial SEO Untuk Meningkatkan Traffic Website

Tutorial SEO
SEO atau Search Engine Optimization adalah cara-cara yang dilakukan oleh seorang admin suatu website dengan tujuan untuk meningkatkan ranking atau visibilitas suatuh halaman website di mata search engine.

Dengan rangking atau visibilitas yang baik di mata search engine, seperti Google misalnya, tentu akan mendapatkan lebih banyak visitor bagi website atau blog kita.

Tentu merupakan suatu keuntungan besar apabila halaman website kita bisa masuk di halaman pertama hasil pencarian Google.

Memang memahami tutorial SEO merupakan hal yang rumit, tapi jika kita melakukannya secara konsisten dan benar maka hal ini akan menjadi terasa manis di akhir.

Kali ini saya akan mencoba memberikan tutorial SEO yang sebaiknya anda kerjakan agar rangking halaman website anda berada di puncak pencarian Google

1. Lakukan Riset Kata Kunci

Di dunia internet marketing riset kata kunci yang akan anda bidik merupakan modal awal yang amat berharga. Di sini anda memilih kata kunci apa yang akan anda bidik dan ketahui pula persaingannya. Anda dapat melakukan riset kata kunci dengan bantuan software atau dengan alat yang disediakan oleh Google sendiri secara gratis. Alat ini adalha Google Keyword Planner.

2. Belilah Domain Yang Mengandug Kata Kunci

Domain yang mengandung kata kunci yang anda bidik tentu akan lebih memudahkan untuk mesin pencari seperti Google mengetahui fokus bahasan website kita.

Memang setelah Google melakukan perubahan Algoritma Penguin banyak internet mareketer yang mengatakan bahwa domain yang mengandung kata kunci kita bisa dianggap sebagai SPAM oleh mesin pencari. Sehingga banyak pula yang berpendapat bahwa domain yang kita beli tidak harus mengandung kata kunci.

Tapi, menurut saya tidak mengapa domain kita mengandung kata kunci yang kita bidik hanya jangan sampai kita melakukan SPAM dengan domain tersebut.

Sesuaikan pula ekstensi yang dipilih dengan bisnis yang akan dijalankan, misalnya dot org untuk suatu organisasi, dot com untuk website komersil.

3. Permalink Sesuai Judul atau Kata Kunci Yang Dibidik.

Untuk yang satu ini, anda hendaknya memastikan bahwa permalink postingan berisi judul postingan anda yang tentunya mengandung kata kunci yang dibidik.
Untuk yang satu ini platform yang unggul adalah WordPress. Mengapa saya mengatakan demikian? karena di WordPress kita bisa mengubah setingan permalink sesuai dengan judul secara otomatis dan tanpa jeda. Platform blogspot juga sebenarnya bisa disetting agar permalink berisi judul artikel, tapi biasanya disela oleh tanggal posting. Terkadang juga jika judul artikel kita terlalu panjang maka permalink yang muncul hanya berisi sebagian judul atau dipotong.

4. Pilih Platform Yang Tepat
Platform blogspot memang mudah dan terintegrasi dengan account google kita. Tapi sampai saat ini platform WordPress menurut saya masih unggul. Di WordPress kita dapat menginstal plugin yang kita kehendaki agar memiliki SEO yang baik dan tampilan yang user friendly.
Tapi, blogspot juga berkembang dan menawarkan kemudahan dalam pengelolaan website atau blog. Kalau saya ini, udah terlanjur pakai blogspot dan males untuk pindah ya sudah..diteruskan saja di sini..hehe..

5. Pilihlah Plugin SEO Yang Melejitkan Website Anda.

Jika anda menggunakan pilihan platform WordPress maka di sana anda akan menemukan ribuan plugin yang bisa anda pakai. Ada yang gratis ada pula yang bayar. Tapi saya rasa plugin yang gratis pun sudah lebih dari cukup untuk membuat website anda SEO friendly.

Plugin yang terkenal untuk SEO di antaranya adalah All in One SEO Pack, Google XML Sitemaps, SEO friendly images, Yoast WP SEO dan sebagainya.

6. Buatlah Konten Yang Berkualitas

Para Internet Mareketer sepakat bahwa konten adalah raja. Maka buatlah konten yang berkualitas, jangan asal buat atau copy paste. Hendaknya konten yang dibuat bersifat original dan setidaknya terdiri dari 500 kata, lebih banyak atau lengkap maka lebih baik.

Masalah konten ini merupakan masalah yang krusial bagi bloger atau internet marketer. Untuk membuat konten yang berkualitas maka harus diperlukan pengetahuan yang cukup tentang hal atau kata kunci yang dibidik. Jadi, anda harus belajar, belajar, belajar dulu tentang kata kunci yang anda bidik tersebut.

7. Bangun Beckling Berkualitas

Beckling merupakan hal yang berharga bagi suatu halaman website atau blog. Banyaknya beckling yang masuk ke halaman anda menunjukkan bahwa halaman anda tersebut penting di mata pengguna internet.

Akan tetapi, kita jangan asal-asalan mendapat beckling. Beckling yang baik adalah yang natural dan berasal dari domain atau website yang sudah dipercaya oleh Google.

Dahulu, memang beckling yang masuk ke halaman website kita tidak begitu dipedulikan kualitasnya oleh Google, tapi setelah ada perubahan algoritma, Google kini mementingkan kualitas daripada kuantitas beckling. Bisa saja sebuah halaman website yang memiliki banyak becklink biasa dapat dikalahkan rangkingnya oleh sebuah halaman website yang memiliki beberapa becklink yang berkualitas.

Satu lagi, hendaknya beckling ini dikerjakan bertahap dan kontinyu. Jangan terlalu cepat dan jangan terlalu lambat juga. Konsistensi adalah hal yang paling baik untuk becklink.

8. Social Media


Tak dipungkiri sosial media memiliki kekuatan yang dahsyat pada saat ini. Melalui sosial media ini, kita dak hanay membantu untuk SEO tapi juga untuk komunikasi dengan pembaca, media promosi sampai mengalirkan pengunjung yang banyak ke website kita.

Di atas adalah salah satu tutorial SEO yang harus anda kuasai untuk membuat website anda berada di halaman pertama search engine.

Semoga bermanfaat bagi yang sedang mencari tutorial SEO dan mengoptimalkannya.


.comment-content a {display: none;}