Tutorial - Membuat "Read More" pada Postingan Blog

Hm..postingan ini khusus dipesan oleh temen aku yang sekarang ada di Medan. Dia bertanya tentang bagaimana membuat fungsi "read more" seperti pada postingan-postingan saya ini. Ga enak juga udah ditelepon sampe 2 kali sama dia..hehe..nih bro aku publish,..hehe..

Ya..walau yang minta teman saya, tapi semoga postingan ini juga bermanfaat bagi yang sama-sama nyari info pembuatan fungsi read more. Ok..langsung aja deh..

Sebenernya tanpa disadari sama temen saya itu, blogger telah memberi kemudahan. Dalam rangka ulang tahun blogger yang ke-10 sekarang blogger telah menambahkan fitur baru di OS nya (khususnya blog). Coba tebak kawan, apa hadiah blogger di hari ulang tahunnya yang ke-10 ini..!! Yup, hadiahnya adalah button instan untuk menciptakan fungsi read more ini. Sekarang coba liat ini di halaman "new posting" kalian. (yang diberi tanda lingkaran)

Nah..itu dia button untuk membuat fungsi read more secara instan. Perlu diketahui tombol ini memang telah ditunggu-tunggu oleh jutaan admin blogger di seluruh dunia, hehe..Sekarang teman2 tinggal "ngeklik" tombol tersebut untuk membuat fungsi "read more" tanpa harus lagi mengetikkan kode-kode untuk membuat fungsi ini. Kini halaman utama blog jadi lebih lega..

Namun, sepertinya tombol ini hanya muncul pada post editor baru dan dalam posisi mode "Compose" dan tidak muncul pada mode "Edit HTML". Walaupun demikian, teman2 masih tetap bisa menggunakan fungsi "read more" pada post editor lama serta dalam posisi mode "Edit HTML" yaitu dengan mengetikkan secara manual kode  berikut

 
Bagi teman2 yang masih menggunakan template classic (yang disediakan blogger) akan langsung bisa menikmati fasilitas baru ini. Letaknya juga bisa diatur sesuai kursornya ada di mana. 

Nah..untuk yang memakai template yang baru atau hasil download dari website penyedia template kadang fungsi ini tak tampak, sehingga temen2 harus mengedit template yang sedang digunakan sebagai berikut.

1. Login ke dashboard blogger 
2. Klik Layout
3. Klik Edit HTML
4. Centang "Expand Template Widget"
5. Cari kode yang mirip seperti ini 
<div class='post-body entry-content'>
      <data:post.body/>
      <div style='clear: both;'/> <!-- clear for photos floats -->
    </div>


6. Copy dan Paste-kan kode berikut tepat di bawah kode tadi
<b:if cond='data:post.hasJumpLink'>
      <div class='jump-link'>
        <a expr:href='data:post.url + &quot;#more&quot;'><data:post.jumpText/></a> 
      </div>
    </b:if>
   
 
7. Klik Save untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan. 

Kini tulisan "read more" akan muncul walaupun temen2 ga pake template classic dari blogger. Secara default tulisan yang akan muncul adalah "read more". Namun temen2 bisa mengubahnya sendiri misalnya dengan menggantinya menjadi "baca lebih lanjut" atau "read full article", dll tergantung selera temen2 semua. Caranya yaitu :
1. Login ke dashboard 
2. Klik Layout
3. Klik tab Page Elements
4. Klik "Edit" pada element "blog post"
 
 5. Setelah keluar jendela baru, rubahlah tulisan "read more" sesuai keinginan temen2 semua.


6. Klik "Save" untuk menyimpan perubahan 

Sekarang temen2 bisa mengetahui perubahannya...
Terima kasih, semoga bermanfaat...


.comment-content a {display: none;}