Home » , , , , » Cara Mendapat Backlink Dari Sumber Berkualitas

Cara Mendapat Backlink Dari Sumber Berkualitas

Cara Mendapat Backlink Berkualitas
Backlink merupakan komponen SEO yang berpengaruh besar bagi rangking sebuah website atau blog di mata search engine. Dahulu masih berlaku semakin banyak backlink, dari mana pun asalnya, maka semakin baik ranking di search engine terutama google. Akan tetapi setelah Google merubah alogaraitmanya, sekarang hanya backlink yang berkualitas dan natural yang memilki efek yang dahsyat, walaupun mungkin si om Google ini juga masih mempertimbangkan backlink asal-asalan.

Ada banyak sekali sumber backlink yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan fungsi backlink dalam penerapan SEO website atau blog anda. Anda hanya perlu memilahnya dan memanfaatkannya dengan baik.

Bagi anda yang memiliki budget tak terbatas tentu bisa saja anda menggunakan jasa link builder atau bantuan pihak ketiga untuk membangun backlink bagi website anda. Tapi, bagi anda yang memilih untuk menjalankan SEO website anda sendiri, maka postingan ini mungkin berguna untuk membantu anda membuat backlink network :

1. Website Extension .edu .ac.id atau .gov
Jika anda bisa menyisipkan backlink ke website anda di situs dengan extension .edu atau .gov maka ini dipercaya memiliki nilai backlink yang tinggi di mata search engine.

2. Backlink dari Authority Site
Backlink yang berasal dari Authority Site misalnya ezine article, contributor.yahoo.com, drupal.org, flickr.com dan lainnya, adalah backlink yang dahsyat bagi website atau blog anda. Cara terbaik adalah melamar atau mengajukan aplikasi kepada mereka untuk menjadi author. Setelah diapprove maka anda dapat menulis sebuah artikel yang nantinya akan di muat di Authority Site tersebut. Naah..ketika anda membuat artikel, anda dapat menyisipkan backlink ke website atau blog anda.

Oh ya, jika website atau blog anda berbahasa Indonesia jangan khawatir, cara ini juga dapat anda gunakan. Authority Site berbahasa Indonesia antara lain detik.com, kompas.com, viva.co.id, merdeka.com.

3. Sosial Bookmarking
Situs seperti ini digunakan untuk menyimpan halaman website dan mengorganisasi website atau blog yang disukai oleh penggunanya. Untuk itu, anda harus mendaftar di situs ini. Setelah itu anda dapat mensubmit / menyimpan link postingan atau website anda. Berikut adalah contoh website Sosial Bookmarking
- diigo.com
- reddit.com
- delicious.com
- plurk.com
- buzznet.com
- bookmark4you.com

4. Situs Video Sharing
Situs video sharing memang sekarang sedang naik daun dan berkemabng sangat pesat. Lihatlah banyaknya video yang di upload di situs video sharing dan menjamurnya vlog akhir-akhir ini, maka anda akan yakin bahwa situs video sharing ini merupakan situs yang potensial.
Nah..sekarang anda bisa memanfaatkannya sebagai sumber backlink untuk blog anda. Caranya adalah dengan menyertakan link blog anda di halaman profil atau channel dan juga di bagian deskripsi video anda.

Situs video sharing yang dapat anda gunakan antara lain: dailymotion.com, vimeo.com, youtube.com, screencast.com, redd.it, photobucket.com, dll

5. Blog Commenting
Blog commenting atau berkomentar di blog orang lain adalah cara yang paling mudah dilakukan. Anda hanya perlu blog walking ke blog milik orang lain. Pilihlah blog yang memiliki rangking yang bagus untuk menanamkan backlink di komentar anda yang diarahkan ke halaman blog anda. Tapi ingat, anda hendaknya jangan melakukan spam. Buatlah komentar yang baik dan nyambung dengan tulisan yang ada. Jangan hanya ingin menanamkan backling saja. Be a good blogger..hehe..

6. Situs Media Sosial
Media sosial sekarang ini memiliki kekuatan yang luar biasa. Situs ini diakses oleh jutaan orang tiap harinya. Maka akan sangat rugi jika anda melewatkannya sebagai sumber backlink. Berikut situs media sosial yang umum digunakan : Linkedin.com, twitter.com, Facebook.com (hendaknya dalam bentuk Fans Page), google +, pinterest.com

Itu adalah cara mendapatkan backlink yang berkualitas untuk meningkatkan ranking blog atau website anda. Semoga bermanfaat bagi semuanya.


.comment-content a {display: none;}