Rahasia Rasa Vanila

Tentu kamu pernah makan es krim rasa vanila kan? Tentu enak kan.. rasa vanila adalah rasa yang sangat disukai di dunia. Namun, sayangnya, rasa vanila itu hanya dihasilkan oleh anggrek yang sangat langka. Anggrek yang dimaksud adalah anggrek Vanilla planifolia.

Awalnya tumbuh di Meksiko
Anggrek vanila awalnya hanya tumbuh di hutan tropis di negara Meksiko. Anggrek ini berwarna hijau dan hanya mekar dalam sehari. Penampakannya sangat anggun dan cantik. Pada saat anggrek vanila ini mekar, maka diharapkan ada lebah Melipone yang menyerbuki bunganya. Jika lebah Melipone menyerbuki, maka anggrek vanila akan menghasilkan buah yang harum. Buah inilah, yang jika sudah dikeringkan, akan berwarna hitam dan dapat memberikan rasa vanila yang kita kenal. Bubuk ini biasa digunakan untuk perisa makanan rasa vanila pada es krim, kue, dan lain-lain.

Produksi Vanila Tergantung pada Lebah
Produksinya buah vanila ini tergantung pada lebah Melipone. Hal ini disebabkan buah vanila baru dihasilkan jika lebah Melipone menyerbuki bunga anggrek vanila yang tengah mekar. Malangnya lagi, lebah Melipone hanya bisa hidup di hutan tropis Meksiko. Jadi, tak ada buah vanila yang harum tanpa lebah Melipone.
Dahulu, selama bertahun-tahun memang buah vanila ini hanya diperoleh dari negara Meksiko. Beberapa ahli telah mencoba menanmnya di India dan Indonesia. Akan tetapi, tanaman anggrek vanila ini tak dapat berbuah. Hal ini karena lebah Melipone ini tak bisa hidup di luar Meksiko.

Percobaan Pintar
Untunglah, ada seorang pekerja pertanian yang menemukan cara agar anggrek vanila ini dapat berbuah di luar Meksiko. Edmond Albius adalah orang yang menemukan bahwa dengan cara menggosokkan putik dan kepala benang sari anggrek vanila maka tanaman ini dapat berbuah. Sejak itu, buah vanila dapat diproduksi di luar negara Meksiko. Negara yang mencoba mengembangkannya antara lain Indonesia, India, Mauritius dan Madagaskar yang merupakan negara beriklim tropis. Hingga saat ini akhirnya produksi vanila tidak mengalami hambatan berarti.


By Laki-laki sederhana dengan amalan sederhananya.

Lihat juga : Pulau Sempu dan Bistik Lidah Sapi



.comment-content a {display: none;}