Home » , , , , , , » Google Plus (Google+), Diluncurkan untuk Menandingi Facebook

Google Plus (Google+), Diluncurkan untuk Menandingi Facebook


Baru-baru ini google meluncurkan aplikasi baru, google plus. Setelah google waves dan google google buzz yang telah lebih dulu diluncurkan tak jua mampu mengalahkan dominasi facebook maka kali ini google meluncurkan google plus (google+).

Hampir sama dengan facebook, google plus juga merupakan sebuah situs jejaring sosial yang memungkinkan kita berteman dan membangun jaringan tersendiri dengan pengguna internet lain di seluruh dunia. Hanya saja pada google plus (google+) menggunakan istilah circle untuk kelompok teman kita. Selanjutnya kita hanya bisa berbagi staus hanya dengan teman di circle tertentu kita saja.

Namun demikian, sebenarnya facebook pun memiliki fitur yang sama. Hanya saja, di facebook, kita harus melakukan setting tertentu yang lebih kompleks untuk menikmati fitur ini sehingga mungkin hanya sebagian orang saja yang mengetahui fitur ini. Fitur ini dapat dinikmati melalui pengaturan privasi dan pengelompokkan teman. Lalu bagaimana dengan google+? Di google+ pengaturan pengelompokkan teman ini dirancang lebih mudah, yakni dengan sistem “drag and drop”.

Yang paling menarik adalah kita sebagai pengguna google+ memiliki hak penuh mengenai informasi pribadi yang kita tampilkan tidak bisa diganggu gugat oleh google sekalipun. Singkatnya, ketika kita telah “log out” dari google+ maka semua informasi yang ditempilkan tersebut bisa kita bawa pergi tanpa ada informasi sedikitpun yang tersisa.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh google+ adalah adanya video chat. Dengan adanya video chat maka komunikasi dengan teman di circle kita terasa semakin interaktif. Sebenarnya facebook juga menyediakan fasilitas video chat, namun hanya terbatas antara dua orang saja. Lain dengan google+, video chat di google+ dapat dilakukan dengan 10 orang sekaligus.

Google+ juga dilengkapi dengan google+ sparks. Fasilitas ini tidak didapatkan di facebook. Melalui google+ sparks kita tidak hanya dapat menambahkan informasi statis dalam halaman profil kita atau menerima informasi atau kiriman dari teman lain sesama penggemar di halaman facebook, tapi juga memperoleh artikel, blog, dan informasi lainnya yang terkait dengan berbagai macam kesukaan atau minat dan hobi kita.

Menelusuri fitur-fitur google+ memang mengasyikkan dan memberikan pengalaman baru bagi pengguna internet di sebuah jejaring sosial. Selain itu, sebagian orang mengatakan bahwa mereka lebih nyaman menggunakan google+ dibandingkan facebook.

Sekarang masalahnya adalah apakah google+ dapat benar-benar menarik pengguna facebook untuk berpindah seperti layaknya dahulu pengguna friendster yang bermigrasi menggunakan facebook? Tentunya akan tidak mudah bagi google+ untuk menarik pengguna facebook, terlebih bagi pengguna yang memang telah enjoy di facebook. Namun tentu saja segala kemungkinan masih terbuka  lebar.

Setidaknya, munculnya google+ menambah pilihan bagi para neters untuk memilih jejaring sosial favorit mereka sendiri. Namun tentu saja keputusan akhir akan tetap berada di tangan para pengguna internet (neters) sendiri.

Akan tetapi, hingga artikel ini saya tulis, untuk menjadi pengguna google+ kita memerlukan sebuah invitation dari teman kita yang telah terlebih dahulu membuat google+. Hal ini karena ketika google+ diluncurkan langsung diserbu oleh para pengguna internet yang ingin mencoba google+, sehingga google terpaksa menutup pendaftaran baru dan menggunakan metode invitation dari teman yang telah terlebih dahulu bergabung untuk membatasi membeludaknya “sign up” yang terjadi. Alternatif lain adalah anda menunggu sampai google+ ini diluncurkan secara resmi agar dapat membuat account secara gratis. Hehehe...:D
Lalu di mana kita bisa membuat account google+? Yup anda dapat mebuatnya langsung di situs google+ ini.


.comment-content a {display: none;}